Home
Teknologi
Pengertian E-book dan Jenis Formatnya.

Pengertian E-book dan Jenis Formatnya.

Aplikasi ebook

Istilah e-book sebenarnya merupakan singkatan dari Electronic Book. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, artinya buku elektronik. Dalam kosakata bahasa Inggris, book memiliki arti yang luas, yaitu buku, kitab suci, memesan, mencatat, dan melakukan booking.

Jika mengacu pada istilah buku, artinya kumpulan kerta yang disusun dari halaman ke halaman berikutnya yang mengandung informasi penting berupa tulisan teks. Jadi, buku elektronik atau e-book memiliki pengertian sebagai sebuah file digital berupa dokumen yang berisi informasi penting baik berupa panduan, tutorial, atau informasi lainnya yang dibuat menggunakan perangkat digital serperti, smartphone, komputer, serta laptop yang dapat diakses melalui internet. 

Konsep utama dari e-book adalah membuat dan mengelola buku dalam bentuk digital dan diunggah ke dunia maya.

Manfaat utama dari e-book adalah menyajikan informasi seperti layaknya sebuah buku. Dalam kata lain, yaitu menyediakan sarana prasarana media pembelajaran bagi peserta didik khusus maupun khalayak umum. 

Sebagai contoh, e-book dengan tema “Manajemen Bandwidth dengan Mikrotik”, “Membuat Animasi 2 Dimensi” dan lainnya. Kelebihan e-book, yaitu sebagai berikut :

  1. Tidak mudah rusak karena pengaruh fisik seperti hujan, basah, atau dimakan rayap.
  2. Mudah dalam pembuatannya.
  3. Tidak memerlukan biaya yang besar untuk merancangnya.
  4. Dapat dibagi kepada pengguna lainnya.
  5. Tidak memakan tempat seperti buku konvensional yang masih menggunakan kertas.
  6. Mudah disimpan ke dalam media penyimpanan seperti flaskdisk dan memori internal ponsel pintar.
  7. Mudah bagi pengguna untuk membawanya karena file-nya berukuran kecil.
  8. Tidak memerlukan perawatan berlebihan.
  9. Setelah diunggah ke internet, biasanya e-book selalu memiliki backup data yan dijamin keamanannya oleh provider seperti Google Drive.

Meskipun memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan buku konvensional yang masih menggunakan kertas, e-book juga mempunyai beberapa kekurangan, antara lain sebagai berikut .

  1. Memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang baik untuk membuat dan memanajemennya.
  2. Memerlukan perangkat digital seperti komputer, laptop, dan ponsel pintar.
  3. Diperlukan software khusus untuk membuat desain e-book tersebut.
  4. Harus mengenal teknik penyusunan e-book yang baik.

Setiap e-book yang dibuat dan diunggah ke dunia maya, memiliki karakteristik dan format file tertentu seperti berikut.

PDF

PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format yang dirancang oleh perusahaan Adobe. Sebagian besar aplikasi web browser telah mendukung pembacaan dokumen dalam format PDF ini dengan menambahkan add ons terlebih dahulu. Adapun forma PDF cukup populer karena kemudahan dalam pembuatan dan pembacaannya. 

Selain itu, perangkat digital seperti laptop, komputer, dan ponsel pintar harus mendukung format file PDF. Aplikasi Adobe Acrobat Reader juga memiliki beberapa kelemahan. Contohnya dalam pembacaan dokumen yang berkaitan dengan konten ketika file dokumen dalam format DOCX dikonversi dalam PDF mengalami masalah.

Namun masalah itu sudah teratasi. Ketika anda mengkonversi dokumen dalam bentuk PDF, Anda bisa mengatur jenis properti edit file untuk dapat menulis ulang, dikopi dan bahkan diproteksi dengan password tertentu.

HTML

HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language sebagai salah satu bahasa pemrograman berbasis web yang memungkinkan Anda untuk menampilkan informasi dalam bentuk web dengan konten audio, video, gambar, dan tulisan. 

Sering kali orang menggunakan HTML sebagai sarana mem-publish tulisan mereka ke internet agar dapat dibaca oleh orang lain. Apalagi dengan semakin banyaknya publikasi yang dibaca dan dilihan orang, semakin besar kemungkinan memperoleh profit dalam bentuk uang dari layanan iklan yang disertakan.

XML

XML merupakan singkatan dari Extensible Markup Language, yaitu tipikal bahasa markup yang menggunakan struktur tag label, men-cluster, serta menentukan dan mengatur informasi dalam sebuah dokumen lengkap dengan struktur data dan kontennya. XML dapat menampung teks dan gambar dalam sebuah markup tag

Kelebihan XML adalah menyimpan data yang lebih ringkas, fleksibel, dan terstruktur layaknya sebuah database

XHTML

XHTML merupakan generasi lanjutan dari HTML yang dikombinasikan dengan struktur XML yang pada struktur tersebut ditujukan untuk menggantikan versi HTML . XHTML merupakan perkembangan generasi semua elemen dalam HTML 4.01 yang telah mengadopsi teknologi markup XML dan mendukung standar data file dengan tipe format EPUB. 

CHM

CHM merupakan salah satu jenis dokumen web dengan format CHM atau compressed HTML. Biasanya format jenis ini digunakan pada perangkat berbasis Windows sebagai sebuah petunjuk atau panduan bantuan ketika user menemukan permasalahan dalam pengoperasiannya. 

PDB 

PDB merupakan singkatan dari Palm Database, yaitu format file yang menyimpan konfigurasi data aplikasi yang tersusun secara sistematis layaknya sebuah database. Paket file ini secara khusus digunakan untuk e-book dengan format PalmDOC, APortiDoc, serta e-reader. Penggunaan file dengan format PDB sebenarnya digunakan untuk perangkat digital yang terpasang system operasi Palm. 

PRC

PRC merupakan singkatan dari Palm Resource File. Format file ini mengandung beberapa objek dengan tipe data yang berbeda yang tersimpan menyerupai struktur database mirip format file PDB. Sistem operasi Palm adalah salah satu jenis system yang menerapkan penggunaan file bertipe PRC. Oleh karena itu, aplikasi yang berjalan pada OS Palm selalu menyertakan source code dan tampilan interface sebaga antarmuka pengguna dengan komputer. 

TPZ

TPZ atau Topaz File Extension adalah jenis format e-book yang digunakan oleh perangkat digital Amazon Kindle dan aplikasi Amazon Kindle berbasis desktop. E-book dengan format TPZ yang diunduh dari internet melalui komputer telah mendukung berbagai jenis font yang terpasang secara otomatis serta men-support fitur bookmarks dan annotations, dengan metadata file dibuat terpisah. File TPZ yang disimpan dengan format standar masih dapat dibuka oleh aplikasi Calibre, tetapi jika sudah diproteksi menggunakan mode DRM, maka aplikasi Calibre tidak dapat membukanya.

EPUB

EPUB merupakan singkatan dari Elektronic Publication Elektronic Publication, yang salah satu jenis standar format file yang bersifat open untuk e-book yang dikeluarkan oleh International Digital Publishing Forum (IDPF). Kelebihan e-book dengan format ini adalah penyesuaian konten dalam buku dengan bentuk dan ukuran layar. Sebagai contoh, ketika dibuka dengan ponsel pintar, komputer, netbook, e-reader. Saat ini banyak beredar berbagai aplikasi atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat e-book dengan format EPUB. Salah satunya Adobe Indesign CS dan Apple Pages for Mac OS X.

AZW

AZW merupakan salah satu jenis format file e-book bertipe Kindle yang hanya dapat digunakan dalam sebuah file buku digital bertipe Mobipocket yang telah diproteksi dengan DRM atau Digital Right Management sebagai pengganti format file MOBI atau PRC. Jenis format ini telah mendukung fitur bookmarks, annotations, page numbers, last read position, dan lainnya.

KF8.

KF8 atau Kidle Format 8 merupakan perkembangan dari generasi format file Amazon dengan beragam fitur dan berbagai penyempurna terbaru seperti telah mendukung teknologi HTML 5 serta CSS3 yang dapat diterapkan setiap penerbit untuk mengembangkan buku digital mereka.

Kelebihan dari KF8 adalah fitur caps drop, numbered list, fixed layouts, nested tables, scalabel vector graphics, dan sidebars. Di samping itu, tambahan fitur kindel panel views dan Kindle text Pop Up bisa membantu penerbit dalam merancang tata letak konten dalam buku menjadi lebih baik untuk menarik perhatian pembacanya seperti komik, novel, dan buku anak-anak.

MOBI

MOBI merupakan singkatan dari Mobipocket e-book, yaitu jenis file dengan ekstensi format file MOBI yang secara khusus dipergunakan untuk menyimpan file e-book dan sengaja diciptakan untuk bekerja pada perangkat mobile dengan kebutuhan bandwidth yang relatif kecil ketika mengunggah dan membukanya. File dengan format MOBI sangat mendukung teknologi bookmarking, JavaScript, Frames, adding notes, dan corrections. Software yang dapat digunakan untuk membuka file dengan format MOBI, antara lain Calibre, Sumatera PDF, Stanza desktop, FBReader, Mobi File Reader, Okular, Mobi Pocket Reader.

Dengan membuat buku digital (e-book), memungkinkan kita untuk menuangkan pikiran, ide dan gagasan dalam bentuk tulisan, serta melatih kita untuk selalu berkreasi dan berinovasi. E-book akan memudahkan seseorang untuk mendokumentasikan setiap kegiatan ke dalam bentuk format file digital yang dapat dengan mudah diakses dan dibaca setiap saat menggunakan perangkat mobile seperti ponsel pintar atau lainnya. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika akan memilih jenis format file e-book, yaitu sebagai berikut.

  1. Format file tersebut telah dikenal, distandarisasi dan dapat dijalankan oleh berbagai aplikasi saat ini untuk memudahkan pengguna.
  2. Kompatibel terhadap semua jenis hardware perangkat digital.
  3. Telah mendukung fitur-fitur layaknya sebuah dokumen dan dukungan penuh terhadap teknologi web.
  4. Tidak membutuhkan ruang memori yang besar dalam penyimpanannya.
  5. Dapat diatur konfigurasi keamanannya untuk file tersebut.