Home
Tips Melamar Kerja
11 Istilah Rekrutkmen yang Wajib Diketahui

11 Istilah Rekrutkmen yang Wajib Diketahui

Istilah Rekrutmen

Berandalowker.com - Proses rekrutmen adalah salah satu tahapan penting dalam dunia kerja. Proses ini bertujuan untuk menemukan kandidat yang tepat untuk mengisi posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dalam proses rekrutmen, sering kali digunakan berbagai istilah yang mungkin belum familiar bagi sebagian orang.

Oleh karena itu, penting bagi calon karyawan untuk memahami istilah-istilah tersebut agar dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam proses rekrutmen. Berikut ini adalah beberapa istilah rekrutmen yang wajib diketahui:

1. Sourcing

 Sourcing berupa aktivitas untuk merekrut karyawan yang melibatkan tim rekrutmen internal, agensi, atau dari sumber daya profesional yang lainnya.

2. Outsourcing

Outsourcing merujuk pada aktivitas perusahaan yang merekrut kandidat karyawan dengan bantuan dari pihak luar untuk mengisi posisi tertentu.

3. Phone interview

Sejumlah perusahaan biasanya menggunakan phone interview untuk melakukan follow up kepada kandidat karyawan yang menjanjikan. Istilah phone interview biasanya digunakan oleh seorang rekruter untuk menginformasikan pada kandidat karyawan bahwa wawancara melalui telepon bisa saja menjadi salah satu opsi.

4. Company culture

Company culture berupa elemen yang ada di perusahaan seperti visi misi, lingkungan kerja, workflow, maupun etika. Company culture atau budaya perusahaan seringkali ditanyakan oleh rekruter saat interview. Tujuannya agar rekruter bisa melihat seberapa cocoknya kandidat karyawan dengan budaya perusahaan.

5. Cultural Fit

Cultural fit adalah istilah rekrutmen untuk menunjukkan kecocokan antara kandidat karyawan dengan company culture. Umumnya rekruter akan merekrut kandidat yang sejalan dengan company culture. 

6. Retention

Retention mengacu pada usaha perusahaan dalam menjaga hubungan kerja dengan karyawannya agar merasa senang dan betah bekerja di lingkungan perusahaan.

7. Assessment test

Assessment test merupakan suatu tes atau ujian yang membantu rekruter untuk menilai kemampuan kandidat karyawan dan seberapa bagus kinerja kandidat untuk mengisi posisi yang dibutuhkan perusahaan.

8. On boarding

On boarding merupakan aktivitas dalam mempersiapkan karyawan baru untuk bergabung dengan perusahaan. Biasanya pihak perusahaan akan membantu karyawan baru untuk beradaptasi di tempat kerja dengan cara pengenalan perusahaan, pelatihan karyawan hingga orientasi kerja.

9. Hands on

Istilah rekrutmen hands on biasanya digunakan oleh rekruter untuk memberikan informasi mengenai suatu pekerjaan dan tanggung jawab yang mengharuskan kandidat karyawan terlibat secara langsung.

10. Background check

Background check merupakan istilah dalam rekrutmen yang digunakan untuk memeriksa latar belakang kandidat karyawan yang bertujuan untuk memastikan informasi yang diberikan oleh kandidat adalah benar dan kredibel.

11. Job offer

Job offer adalah tawaran resmi dari perusahaan kepada kandidat karyawan yang telah berhasil melewati proses rekrutmen hingga akhir dan dipilih untuk mengisi posisi yang sedang dibutuhkan. Job offer umumnya berisi informasi mengenai gaji, tunjangan dan berbagai persyaratan kerja lainnya.

Dengan memahami istilah-istilah rekrutmen, Anda akan lebih siap untuk menghadapi proses rekrutmen dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.