Home
Tips Melamar Kerja
Cara Tepat Menjawab Panggilan Interview Kerja

Cara Tepat Menjawab Panggilan Interview Kerja

Lamaran Kerja

Berandalowker.com - Begini Cara yang Tepat Menjawab Panggilan Interview Kerja!

Sebagian dari kita mungkin ada yang merasa kebingungan saat harus merespon panggilan kerja melalui e-mail. Cara membalas e-mail undangan interview tidak bisa dilakukan asal atau sembarangan, karena akan mencerminkan etika dan minat pekerja terhadap tawaran interview tersebut.

Panggilan interview kerja adalah langkah kunci untuk memenangkan pekerjaan yang kita impikan. Namun, terkadang kesempatan ini datang secara cepat dan tak terduga melalui sebuah pesan e-mail yang berisi undangan interview. Bagaimana kita meresponsnya bisa membuat perbedaan besar dalam kesempatan yang kita miliki.

E-mail adalah salah satu alat komunikasi yang paling umum digunakan di dunia profesional, dan kemampuan kita untuk merespons panggilan interview dengan cepat dan efisien melalui e-mail dapat memengaruhi pandangan perusahaan terhadap kita. 

Di bawah ini akan kita bahas cara yang efektif untuk menjawab panggilan interview melalui e-mail dengan cepat, memberikan kita keunggulan dalam persaingan dan memaksimalkan kesempatan kita untuk sukses di dunia kerja.

Berikut saya berikan tips membalas e-mail panggilan interview :

Memberikan Respons Cepat

Semakin kilat kalian membalas e-mail panggilan wawancara dari HR, semakin dihargai. Pihak perekrut/HR membutuhkan waktu untuk menyusun persiapan wawancara dengan matang. Terutama jika jadwal yang ditawarkan harus disesuaikan lagi dengan ketersediaan kalian dan pewawancara.

Menyampaikan Rasa Terima Kasih

Luangkan waktu untuk mengekspresikan apresiasi, antusiasme, dan rasa terima kasih kepada pihak HR yang memberikan kesempatan kepada kalian untuk mengikuti wawancara di antara pelamar lainnya.

Jangan Bertele-tele

Usahakan untuk membalasnya dengan jelas dan to the point atau tidak bertele-tele. Kamu bisa langsung menjawab e-mail dengan singkat, padat, jelas, sopan, serta menunjukkan apresiasi berupa ucapan terima kasih.


Contoh 

Yth. Bapak/Ibu HR [Nama HR],

Terima kasih banyak atas undangan wawancara kerja di perusahaan [Nama Perusahaan] sebagai [Posisi yang Dilamar]. Saya bisa hadir pada sesi interview yang telah dijadwalkan pada [Tanggal dan Waktu] melalui Google Meet. Saya menantikan kesempatan ini untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai posisi ini dan mengenal lebih dalam tentang tim yang Bapak/Ibu pimpin.

Mohon beritahu saya jika ada informasi lebih lanjut yang diperlukan sebelum wawancara.


Dengan hormat,

[Nama Pelamar]

[E-mail Pelamar]

[No. HP]


Sumber : Nur Halimah (Talent Acquisition Manager at Epicareer)